Perencanaan Karier Siswa Ditinjau dari Status Sosial Ekonomi, Jenis Kelamin, dan Jurusan
ABSTRAK
Heni Sulusyawati. 2016. “Perencanaan
Karier Siswa Ditinjau dari Status Sosial Ekonomi, Jenis Kelamin,
dan Jurusan”. Tesis. Program Studi S2 Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
masih ditemukan siswa yang belum memiliki tujuan dan rencana karier yang jelas.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan karier siswa
ditinjau dari status sosial ekonomi, jenis kelamin, dan jurusan, (2) menguji
perbedaan perencanaan karier siswa ditinjau dari status sosial ekonomi tinggi,
sedang, dan rendah, (3) menguji perbedaan perencanaan karier siswa ditinjau
dari jenis kelamin laki-laki dan perempuan, (4) menguji perbedaan perencanaan
karier siswa ditinjau dari jurusan, IPA dan IPS, (5) menguji perbedaan
perencanaan karier siswa ditinjau dari interaksi antara status sosial ekonomi,
jenis kelamin, dan jurusan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif komparatif dengan menggunakan desain faktorial 2 x 2 x 3. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri
7 Padang yang berjumlah 258 siswa.
Jumlah sampel sebanyak 160 orang yang dipilih dengan teknik proportional
random
sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala perencanaan karier dengan nilai
reliabilitas sebesar 0,751. Data dianalisis
dengan menggunakan statistik
deskriptif dan Analysis
of Variance (ANOVA).
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) perencanaan karier siswa ditinjau dari status
sosial ekonomi, jenis kelamin, dan jurusan berada pada kategori tinggi, (2) tidak
terdapat perbedaan yang signifikan perencanaan karier siswa ditinjau dari
status sosial ekonomi tinggi, sedang, dan rendah, (3) tidak terdapat perbedaan yang
signifikan perencanaan karier siswa ditinjau dari kelamin laki-laki dan
perempuan, (4) tidak terdapat perbedaan yang signifikan perencanaan karier
siswa ditinjau dari jurusan IPA dan IPS, (5) tidak terdapat perbedaan perencanaan karier siswa ditinjau dari interaksi
antara status sosial ekonomi, jenis kelamin, dan jurusan. Implikasi dari hasil
penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam membuat
program layanan bimbingan dan konseling, terutama dalam bidang perencanaan
karier.
Kata Kunci: Perencanaan Karier, Status Sosial Ekonomi,
Jenis Kelamin,
Jurusan