Monday 4 December 2017

Unknown

Perbedaan Motivasi Berprestasi dan Aspirasi Pendidikan Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Latar Belakang Budaya


Perbedaan Motivasi Berprestasi dan Aspirasi Pendidikan Siswa Ditinjau dari Jenis 
Kelamin dan Latar Belakang Budaya



ABSTRACT

Ninil Endriani. 2016. Differences Achievement Motivation and Educational Aspirations  Students in Terms of Gender and Cultural Backgrounds. Thesis. Padang State University.

This research is cultural backgrounds that influence the behavior of students in learning. Inconsistency of the findings of research on achievement motivation and educational aspirations of students male and female of various races. The purpose of this study is to describe: (1)  achievement motivation and students's educational aspirations cultural backgrounds Minangkabau and Batak; (2) differences between students cultural backgrounds of Minangkabau and Batak; (3) differences between the male students cultural backgrounds of Minangkabau and Batak; (4) differences between female students cultural backgrounds of Minangkabau and Batak; (5) differences between male and female students cultural background Minangkabau; (6) differences between male and female students cultural background Batak.
This research used a quantitative approach with descriptive and comparative method and the population was students of SMAN 1 Batusangkar cultural background of Minangkabau (495 students) and students of SMAN 1 Balige cultural background of Batak in the period of 2015/2016 (703 students). Sampling was done by using Slovin and stratified random sampling, a total sample of 350 students. The instrument used was a achievement motivation scale with reliability 0,897 and educational aspiration scale with reliability 0,83. Data were analyzed by using descriptive and MANOVA.
The finding of this research indicates that: (1) the achievement motivation and student's educational aspirations of the culture  background Minangkabau and Batak at the high category; (2) there is no significant difference between students cultural backgrounds Minangkabau and Batak; (3) there is no significant difference between  the male students cultural background of Minangkabau and Batak; (4) there are significant difference between the female students whose  culture background of Minangkabau and Batak; (5) there are significant differences between male and female students cultural background Minangkabau; (6) there is not significant differences between male and female students culture background Batak.


Keywords: Achievement Motivation, Educational Aspirations, Gender, and Cultural Background













ABSTRAK

Ninil Endriani. 2016. “Perbedaan Motivasi Berprestasi dan Aspirasi Pendidikan Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Latar Belakang Budaya”. Tesis. Universitas Negeri Padang.

          Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh budaya terhadap perilaku individu dan ditemukannya ketidakkonsistenan temuan penelitian tentang motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan siswa pria dan wanita dari berbagai ras. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan siswa berlatar belakang budaya Minangkabau dan Batak; (2) perbedaan motivasi berprestasi  dan aspirasi pendidikan antara siswa yang berlatar belakang budaya Minangkabau dan Batak; (3) antara siswa pria yang berlatar belakang budaya Minangkabau dan Batak; (4) antara siswa wanita yang berlatar belakang budaya Minangkabau dan Batak; (5) antara siswa pria dan wanita yang berlatar belakang budaya Minangkabau; (6) antara siswa pria dan wanita yang berlatar belakang budaya Batak.
          Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan komparatif dengan populasi penelitian adalah siswa SMAN 1 Batusangkar yang berlatar belakang budaya Minangkabau (495 siswa) dan siswa SMAN 1 Balige yang berlatar belakang budaya Batak tahun ajaran 2015/2016 (703 siswa). Penarikan sampel mengunakan rumus Slovin dengan teknik stratified random sampling, sampel sebanyak 350 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala motivasi berprestasi (0,897) dan skala aspirasi pendidikan (0,83). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa (1) motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan siswa berlatar belakang budaya Minangkabau dan Batak berada pada kategori tinggi; (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi berprestasi  dan aspirasi pendidikan antara siswa yang berlatar belakang budaya Minangkabau dan Batak; (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa pria yang berlatar belakang budaya Minangkabau dan Batak; (4) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa wanita yang berlatar belakang budaya Minangkabau dan Batak; (5) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa pria dan wanita yang berlatar belakang budaya Minangkabau; (6) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa pria dan wanita yang berlatar belakang budaya Batak.


Kata kunci:  Motivasi Berprestasi, Aspirasi Pendidikan, Jenis Kelamin, dan Latar  Belakang Budaya

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :