Perbedaan Motivasi Berprestasi dan Aspirasi Pendidikan Siswa Ditinjau dari Jenis
Kelamin dan Latar Belakang Budaya
ABSTRACT
Ninil Endriani. 2016. Differences Achievement Motivation and Educational
Aspirations Students in Terms of Gender
and Cultural Backgrounds. Thesis. Padang State University.
This research is cultural
backgrounds that influence the behavior of students in learning. Inconsistency
of the findings of research on achievement motivation and educational
aspirations of students male and female of various races. The purpose of this
study is to describe: (1) achievement
motivation and students's educational aspirations cultural backgrounds
Minangkabau and Batak; (2) differences between students cultural backgrounds of
Minangkabau and Batak; (3) differences between the male students cultural
backgrounds of Minangkabau and Batak; (4) differences between female students
cultural backgrounds of Minangkabau and Batak; (5) differences between male and
female students cultural background Minangkabau; (6) differences between male
and female students cultural background Batak.
This research used a quantitative
approach with descriptive and comparative method and the population was
students of SMAN 1 Batusangkar cultural background of Minangkabau (495 students) and students of SMAN 1 Balige cultural
background of Batak in the period of 2015/2016 (703 students). Sampling
was done by using Slovin and stratified random sampling, a total sample of 350
students. The instrument used was a achievement motivation scale with
reliability 0,897 and educational aspiration scale with reliability 0,83. Data
were analyzed by using descriptive and MANOVA.
The finding of this research
indicates that: (1) the achievement motivation and student's
educational aspirations of the culture
background Minangkabau and Batak at the high category; (2)
there is no significant difference between students
cultural backgrounds Minangkabau and Batak; (3)
there is no significant difference between the male students cultural
background of Minangkabau and Batak; (4)
there are significant difference between the female
students whose culture background of Minangkabau
and Batak; (5) there are significant differences
between male and female students cultural
background Minangkabau; (6) there is not
significant differences between male and female students culture background
Batak.
Keywords: Achievement Motivation, Educational Aspirations, Gender, and Cultural Background
ABSTRAK
Ninil Endriani. 2016.
“Perbedaan Motivasi Berprestasi dan Aspirasi Pendidikan Siswa Ditinjau dari
Jenis Kelamin dan Latar Belakang Budaya”. Tesis. Universitas Negeri Padang.
Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh budaya terhadap perilaku individu dan
ditemukannya ketidakkonsistenan temuan penelitian tentang motivasi berprestasi
dan aspirasi pendidikan siswa pria dan wanita dari berbagai ras. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) motivasi berprestasi dan aspirasi
pendidikan siswa berlatar belakang budaya Minangkabau dan Batak; (2) perbedaan
motivasi berprestasi dan aspirasi
pendidikan antara siswa yang berlatar belakang budaya Minangkabau dan Batak;
(3) antara siswa pria yang berlatar belakang budaya Minangkabau dan Batak; (4)
antara siswa wanita yang berlatar belakang budaya Minangkabau dan Batak; (5)
antara siswa pria dan wanita yang berlatar belakang budaya Minangkabau; (6)
antara siswa pria dan wanita yang berlatar belakang budaya Batak.
Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan komparatif
dengan populasi penelitian adalah siswa SMAN 1 Batusangkar yang berlatar
belakang budaya Minangkabau (495 siswa) dan siswa SMAN 1 Balige yang berlatar
belakang budaya Batak tahun ajaran 2015/2016 (703 siswa). Penarikan sampel mengunakan
rumus Slovin dengan teknik stratified
random sampling, sampel sebanyak 350 siswa. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah skala motivasi berprestasi (0,897) dan skala
aspirasi pendidikan (0,83). Data dianalisis dengan statistik deskriptif
dan MANOVA.
Temuan penelitian
memperlihatkan bahwa (1) motivasi berprestasi dan aspirasi
pendidikan siswa berlatar belakang budaya Minangkabau dan Batak berada pada kategori tinggi; (2) tidak terdapat perbedaan
yang signifikan pada motivasi
berprestasi dan aspirasi pendidikan
antara siswa yang berlatar belakang budaya Minangkabau dan Batak; (3)
tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa pria yang berlatar belakang budaya
Minangkabau dan Batak; (4) terdapat perbedaan
yang signifikan antara siswa wanita yang berlatar
belakang budaya Minangkabau dan Batak; (5) terdapat perbedaan
yang signifikan antara siswa pria dan wanita yang
berlatar belakang budaya Minangkabau; (6) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara
siswa pria dan wanita yang berlatar belakang budaya Batak.