Monday 4 December 2017

Unknown

Peningkatan Keterampilan Mencatat Pelajaran Siswa Kelas VIII Melalui Layanan Penguasaan Konten di SMP Pembangunan Laboratorium UNP



ABSTRAK

Judul               : Peningkatan Keterampilan Mencatat Pelajaran Siswa Kelas VIII Melalui Layanan Penguasaan Konten di SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Peneliti            : Ahmad Hidayat
Pembimbing    : 1. Drs. Syahril, Kons
                          2. Drs. Afrizal Sano, M.Pd, Kons

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar adalah kemampuan siswa dalam mencatat pelajaran. Keterampilan siswa dalam mencatat pelajaran merupakan kecakapan-kecakapan yang harus dikuasai oleh siswa untuk dapat mencatat materi pelajaran secara efektif pada setiap kegiatan belajar mengajar. Namun keterampilan mencatat pelajaran pada siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP masih belum optimal, karena dari hasil AUM PTSDL masih ditemukan siswa yang memiliki masalah yang berkaitan dengan keterampilan mencatat. Melihat permasalahan tersebut penelitian ini dirumuskan untuk melihat peningkatan keterampilan mencatat pelajaran melalui layanan penguasaan konten. Dalam penelitian ini akan diungkapkan mutu keterampilan mencatat pelajaran siswa sebelum dan setelah diberikan layanan penguasaan konten, serta melihat peningkatan mutu keterampilan mencatat pelajaran tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experiment dengan jenis the onegroup pretest-posttest design yang bertujuan melihat peningkatan keterampilan mencatat pelajaran setelah diberikan layanan penguasaan konten dan melihat mutu keterampilan mencatat pelajaran sebelum dan setelah diberikan layanan penguasaan konten. Subjek penelitian  adalah 20 orang siswa kelas VIIIc SMP Pembangunan Laboratorium UNP, subjek penelitian ditetapkan dengan pertimbangan kelas yang memiliki masalah keterampilan mencatat pelajaran paling banyak berdasarkan hasil AUM PTSDL. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata sampel yang saling berhubungan (paired sample t-tes) dengan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 15.0.
Temuan penelitian menunjukkan secara umum bahwa keterampilan mencatat pelajaran siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP sebelum diberikan layanan penguasaan konten, termasuk dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 139,20. Mutu keterampilan mencatat pelajaran setelah diberikan layanan penguasaan konten meningkat dengan skor rata-rata 148,05 berada pada kategori tinggi. Sedangkan dari hasil perhitungan t-tes diperoleh t hitung besar dari t tabel ( >  ) dengan taraf kepercayaan 95%, hal ini berarti terdapat peningkatan mutu keterampilan mencatat pelajaran siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP setelah diberikan layanan penguasaan konten. Peningkatan ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten efektif dalam meningkatkan keterampilan mencatat pelajaran.

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :