ABSTRAK
Judul : Peningkatan Keterampilan Mencatat
Pelajaran Siswa Kelas VIII Melalui Layanan Penguasaan Konten di SMP Pembangunan
Laboratorium UNP
Peneliti :
Ahmad Hidayat
Pembimbing : 1. Drs. Syahril,
Kons
2. Drs. Afrizal Sano,
M.Pd, Kons
Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar adalah
kemampuan siswa dalam mencatat pelajaran. Keterampilan siswa dalam mencatat
pelajaran merupakan kecakapan-kecakapan yang harus dikuasai oleh siswa untuk
dapat mencatat materi pelajaran secara efektif pada setiap kegiatan belajar mengajar. Namun keterampilan mencatat
pelajaran pada siswa kelas VIII SMP Pembangunan
Laboratorium UNP
masih belum optimal, karena dari hasil AUM PTSDL masih ditemukan siswa yang memiliki masalah yang berkaitan dengan keterampilan mencatat. Melihat permasalahan tersebut penelitian ini dirumuskan untuk melihat
peningkatan keterampilan mencatat pelajaran melalui layanan penguasaan konten. Dalam
penelitian ini akan diungkapkan mutu keterampilan mencatat pelajaran siswa
sebelum dan setelah diberikan layanan penguasaan konten, serta melihat
peningkatan mutu keterampilan mencatat pelajaran tersebut.
Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experiment dengan jenis the onegroup pretest-posttest design yang
bertujuan melihat peningkatan keterampilan mencatat pelajaran
setelah diberikan layanan penguasaan konten dan melihat mutu keterampilan mencatat pelajaran sebelum dan setelah diberikan
layanan penguasaan konten. Subjek penelitian adalah 20
orang siswa kelas VIIIc SMP Pembangunan Laboratorium UNP, subjek penelitian ditetapkan dengan
pertimbangan kelas yang memiliki masalah keterampilan mencatat pelajaran paling
banyak berdasarkan hasil AUM PTSDL. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji
perbedaan dua rata-rata sampel yang saling berhubungan (paired sample t-tes) dengan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution
(SPSS) versi 15.0.
Temuan penelitian menunjukkan secara umum bahwa
keterampilan mencatat pelajaran siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP sebelum diberikan layanan penguasaan
konten, termasuk
dalam kategori tinggi
dengan skor rata-rata 139,20. Mutu keterampilan mencatat pelajaran setelah
diberikan layanan penguasaan konten meningkat dengan skor rata-rata 148,05
berada pada kategori tinggi. Sedangkan dari hasil perhitungan t-tes diperoleh t hitung besar dari t tabel ( > ) dengan taraf kepercayaan 95%, hal ini berarti terdapat peningkatan mutu keterampilan mencatat pelajaran
siswa kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP setelah diberikan layanan
penguasaan konten. Peningkatan ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten efektif
dalam meningkatkan keterampilan mencatat pelajaran.