Monday 4 December 2017

Unknown

Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Pencegahan Bullying di Sekolah



ABSTRAK

Hengki Yandri. 2012. “Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Pencegahan Bullying di Sekolah”. Tesis. Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Modul merupakan suatu perangkat pembelajaran yang membahas tentang suatu pokok bahasan yang disusun secara sistematis dan berurutan untuk memudahkan siswa mencapai dan menguasai suatu kompetensi yang tepat sasaran disertai dengan pedoman penggunaannya untuk guru. Modul dapat dimanfaatkan oleh guru BK/Konselor dalam melaksanakan layanan untuk melakukan pencegahan atau pengentasan permasalahan siswa yang ada di sekolah seperti tindakan bullying. Fenomena di lapangan ditemukan adanya indikasi terjadinya tindakan bullying dikalangan siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merumuskan modul bimbingan dan konseling untuk pencegahan bullying di sekolah yang layak secara isi untuk digunakan oleh guru BK/Konselor, dan (2) mendeskripsikan tingkat keterpakaian rumusan modul bimbingan dan konseling untuk pencegahan bullying di sekolah oleh guru BK/Konselor.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan, dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari (1) ahli isi di bidang bimbingan dan konseling, dan (2) sasaran pengguna produk (guru BK/Konselor), yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh subjek uji coba penelitian yaitu 3 orang ahli isi,             1 orang guru BK untuk uji coba perseorangan, dan 3 orang Konselor untuk uji coba keterpakaian. Penelitian ini dilakukan dengan mengujicoba produk penelitian dan memberi penilaian dengan mengisi angket dan melakukan Focus Group Discussion (FGD), selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul bimbingan dan konseling yang dikembangkan secara isi layak digunakan oleh guru BK/Konselor untuk pencegahan bullying di sekolah, dan (2) modul bimbingan dan konseling yang dikembangkan dapat dimanfaatkan/dipakai oleh guru BK/Konselor untuk pencegahan bullying di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa produk penelitian yang berupa modul bimbingan dan konseling untuk pencegahan bullying di sekolah dinyatakan layak secara isi dan dapat dimanfaatkan/dipakai oleh guru BK/Konselor dalam usaha pencegahan bullying di sekolah pada jenjang SLTA.


Kata Kunci:   Modul, Pencegahan Bullying

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :