Monday 4 December 2017

Unknown

Kontribusi Tingkat Penerimaan oleh Teman Sebaya dan Konsep Diri terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Nusatama Padang serta Implikasinya dalam Program Bimbingan dan Konseling



Kontribusi Tingkat Penerimaan oleh Teman Sebaya dan Konsep Diri terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Nusatama Padang serta Implikasinya
 dalam Program Bimbingan dan Konseling

ABSTRACT


Sefni Rama Putri. 2016. "Contribution of Peer Acceptance Level and Self-Concept towards Students Learning Motivation in SMK Nusatama Padang and its Implication for Guidance and Counseling Program". Thesis. Graduate Program the University of Padang.

This research was influenced by student learning motivation which is still in low level. The level of acceptance by peer and self-concept were external and internal factors that affect students learning motivation. This research aims to describe: (1) students peer acceptance level, (2) students self-concept, (3) students learning motivation, (4) contribution of peer acceptance level toward students learning motivation, (5) contribution of self-concept toward students learning motivation, and (6) contribution of peer acceptance level and self-concept towards students learning motivation.
This research using descriptive quantitative approach. The population were the students of grade XI which numbered 324 students, samples were 179 students and selected by proportional random sampling. Data were analyzed using descriptive statistics, simple regression, and multiple regression.
The results of this research: (1) students peer acceptance level was on high category, (2) students self-concept was on high category, (3) students learning motivation was on  high category, (4) there is a contribution of peer acceptance level to the students learning motivation amount 29% (R = 0.538, on significance 0.000), (5) there is a contribution of self-concept to the students learning motivation amount 37.2% (R = 0.610, on significance 0.000), and (6) there are contribution peer acceptance level and self-concept to the students learning motivation amount 44.8% (R = 0.670, on significance 0.000). The implications of the research results can be used as inputs for making program of guidance and counseling services especially in direction of social-self and learning.

Keywords: peer acceptance, self-concept, learning motivation



ABSTRAK


Sefni Rama Putri. 2016. “Kontribusi Tingkat Penerimaan oleh Teman Sebaya dan Konsep Diri terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Nusatama Padang serta Implikasinya dalam Program Bimbingan dan Konseling”. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya motivasi belajar siswa. Tingkat penerimaan oleh teman sebaya dan konsep diri merupakan faktor eksternal dan internal yang diduga mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat penerimaan siswa oleh teman sebaya, (2) konsep diri siswa, (3) motivasi belajar siswa, (4) kontribusi tingkat penerimaan oleh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa, (5) kontribusi konsep diri terhadap motivasi belajar siswa, dan (6) kontribusi secara bersama-sama tingkat penerimaan oleh teman sebaya dan konsep diri terhadap motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Nusatama Padang yang berjumlah 324 siswa, sampel berjumlah 179 siswa, yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda.
Hasil dari penelitian ini diantaranya yaitu: (1) tingkat penerimaan siswa oleh teman sebaya berada pada kategori tinggi, (2) konsep diri siswa berada pada kategori tinggi, (3) motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, (4) terdapat kontribusi tingkat penerimaan oleh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa sebesar 29% (R = 0.538, signifikansi 0.000), (5) terdapat kontribusi konsep diri terhadap motivasi belajar siswa sebesar 37.2% (R = 0.610, signifikansi 0.000), dan (6) terdapat kontribusi secara bersama-sama tingkat penerimaan oleh teman sebaya dan konsep diri terhadap motivasi belajar siswa sebesar 44.8% (R = 0.670, signifikansi 0.000). Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai masukan untuk pembuatan program bimbingan dan konseling terutama dalam bidang pengembangan pribadi-sosial dan belajar.

Kata Kunci:   penerimaan teman sebaya, konsep diri, motivasi belajar

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :