Monday 4 December 2017

Unknown

Kontribusi Konsep Diri dan Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling (Studi di SMP PMT Prof. Dr. Hamka)


Kontribusi Konsep Diri dan Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling (Studi di SMP PMT Prof. Dr. Hamka)


ABSTRACT

Marimbun. 2016. “The Contribution of Self Concept and Emotion Maturity toward Student`s Self Adjustment and Its Implication in Guidance and Counseling (A Study at SMP Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka)”. Thesis. State University of Padang.

This research was done due to student`s abilities to adjust at schools. The self concept and emotion maturity are two important factors in self adjustment. The research aimed at describing: 1) the self concept, 2) the emotion maturity, and 3) the self adjustment as well as measuring: 4) the contribution of self concept toward self adjustment, 5) the contribution of emotion maturity toward self adjustment, and 6) the contribution of both self concept and emotion maturity towards self adjustment.
The research used the population was all 134 students of SMP Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka. 100 of them was chosen as the sample of the research by using the proportional stratified random sampling technique. The instrument used was the Likert model Scale. The data were analyzed by using descriptive statistic, simple regression, and double regression.
The result of data analysis showed that: 1) the  self concept was in the  positive category, 2) the contribution of self concept toward self adjustment was about 26.5%, 5) the contribution of emotional maturity toward self adjustment was about  25,2%, and 6) the contribution of both self concept and emotional maturity toward self self adjustment was about 35,2%. the implication of this research can be used as the analysis of students` needs to design the guidance and counseling program at SMP Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka.

Keywords: Self Concept, Emotion Maturity, Self Adjustment



ABSTRAK

Marimbun. 2015. “Kontribusi Konsep Diri dan Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling (Studi di SMP PMT Prof. Dr. Hamka)”. Tesis. Universitas Negeri Padang.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan siswa dalam menyesuaikan diri di sekolah. Konsep diri dan kematangan emosi merupakan faktor yang diduga mempengaruhi penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) konsep diri, (2) kematangan emosi, (3) penyesuaian diri, (4) menguji kontribusi konsep diri terhadap penyesuaian diri, (5) menguji kontribusi kematangan emosi terhadap penyesuaian diri, dan (6) menguji kontribusi konsep diri dan kematangan emosi secara bersama-sama terhadap penyesuaian diri.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka yang berjumlah 134 orang, sampel berjumlah 100 orang, yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) gambaran konsep diri siswa berada pada kategori positif, (2) kematangan emosi berada pada kategori tinggi, (3) penyesuaian diri berada pada kategori baik, (4) terdapat kontribusi konsep diri terhadap penyesuaian diri sebesar 26,5%, (5) terdapat kontribusi kematangan emosi terhadap penyesuaian diri sebesar 25,2%, dan (6) terdapat kontribusi konsep diri dan kematangan emosi secara bersama-sama terhadap penyesuaian diri sebesar 35,2%. Implikasi hasil penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan siswa untuk pembuatan program pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof Hamka.

Kata Kunci: konsep diri, kematangan emosi, penyesuaian diri

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :