Monday 4 December 2017

Unknown

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Konseling Realitas dalam Mengembangkan Penyesuaian Diri Siswa di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas X SMAN 1 Sungai Tarab



Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Konseling Realitas dalam Mengembangkan Penyesuaian Diri Siswa di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas X SMAN 1 Sungai Tarab

ABSTRACT

Kiki Mariah. 2016. The Effectiveness of Group Counseling by Using Realitiy Therapy Approach in Developing the Students’ Self Adjustment in School Environment at Class X Students of SMAN 1 Sungai Tarab. Thesis. Graduate Program of the Faculty of Education of Padang State University.

            Self Adjustment in school environment is a process that covers mental response and behavior change in which the students struggle for managing their needs, tension, conflicts and frustration so that they could harmonize their needs and the school’s demands. One of the approaches done to develop the students’ self adjustment was reality therapy. This research was aimed at revealing: the average score of the students’ self adjustment in school environment before and after reality therapy was applied; and the effectiveness of group counseling by using reality therapy approach in developing the students’ self adjustment in school environment.
            This research applied quantitative method. This was a pre-experimental research which used the one group pre-test post-test design. The subject of the research was chosen by using non-random sampling technique and purposive sampling method. The subject consisted of twelve students who were categorized into maladjustment and well adjusted. This research was conducted at SMAN 1 Sungai Tarab for six meetings. The instrument of the research was self adjustment scale of Likert scale model. The data were analyzed by using Wilcoxon Signed Ranks Test of statistic non-parametric technique assisted with SPSS version 20.00.
            The research findings reveal that, in general, group counseling by using reality therapy approach is effective in developing the students’ self adjustment in school environment. Meanwhile, in particular, there is a difference between self adjustment score of the students before and after group counseling by using reality therapy approach was applied. Based on the research findings, it is concluded that the students’ self adjustment in school environment could be developed through group counseling by using reality therapy approach.

Keywords: Self Adjustment, Group Counseling, Reality Therapy
 



ABSTRAK
Kiki Mariah. 2016. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Konseling Realitas dalam Mengembangkan Penyesuaian Diri Siswa di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas X SMAN 1 Sungai Tarab”. Tesis. Program Studi S2 Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Penyesuaian diri siswa di lingkugan sekolah merupakan suatu proses yang mencakup respon mental dan perubahan tingkah laku dimana siswa berusaha untuk dapat berhasil mengatasi kebutuhan dalam dirinya, ketegangan-ketegangan, konflik dan frustasi yang dialaminya, sehingga terwujud tingkat keselarasan atau harmonis antara tuntutan dari dalam diri dengan apa yang diharapkan oleh lingkungan sekolah. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk membantu mengembangkan penyesuaian diri siswa adalah konseling realitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: gambaran kondisi rata-rata skor penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan konseling realitas; dan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan konseling realitas untuk mengembangkan penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah.
       Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen, menggunakan the one group pre-test post-test design. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik non-random sampling dengan metode purposive sampling. Subjek penelitian ini berjumlah dua belas orang dengan kategori penyesuaian diri kurang baik dan baik. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Sungai Tarab, selama enam kali pertemuan. Instrumen yang digunakan skala penyesuaian diri model skala Likert. Data dianalisis menggunakan teknik statistik non-parametrik dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan SPSS versi 20.00.
       Temuan penelitian memperlihatkan bahwa secara umum layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan konseling realitas efektif dalam mengembangkan penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah, sedangkan secara khusus penelitian ini memaparkan tentang: terdapat perbedaan rata-rata skor penyesuaian diri siswa sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan konseling realitas. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah dapat dikembangkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan konseling realitas.


Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Bimbingan Kelompok, Konseling Realitas

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :