Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Konseling Realitas dalam Mengembangkan Penyesuaian Diri Siswa di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas X SMAN 1 Sungai Tarab
ABSTRACT
Kiki Mariah. 2016. The Effectiveness of Group
Counseling by Using Realitiy Therapy Approach in Developing the Students’ Self
Adjustment in School Environment at Class X Students of SMAN 1 Sungai Tarab.
Thesis. Graduate Program of the Faculty of Education of Padang State
University.
Self Adjustment in school environment is a process
that covers mental response and behavior change in which the students struggle
for managing their needs, tension, conflicts and frustration so that they could
harmonize their needs and the school’s demands. One of the approaches done to
develop the students’ self adjustment was reality therapy. This research was
aimed at revealing: the average score of the students’ self adjustment in
school environment before and after reality therapy was applied; and the
effectiveness of group counseling by using reality therapy approach in
developing the students’ self adjustment in school environment.
This
research applied quantitative method. This was a pre-experimental research
which used the one group pre-test post-test design. The subject of the research
was chosen by using non-random sampling technique and purposive sampling
method. The subject consisted of twelve students who were categorized into
maladjustment and well adjusted. This research was conducted at SMAN 1 Sungai
Tarab for six meetings. The instrument of the research was self adjustment
scale of Likert scale model. The data were analyzed by using Wilcoxon Signed
Ranks Test of statistic non-parametric technique assisted with SPSS version
20.00.
The
research findings reveal that, in general, group counseling by using reality
therapy approach is effective in developing the students’ self adjustment in
school environment. Meanwhile, in particular, there is a difference between
self adjustment score of the students before and after group counseling by
using reality therapy approach was applied. Based on the research findings, it
is concluded that the students’ self adjustment in school environment could be
developed through group counseling by using reality therapy approach.
Keywords: Self Adjustment, Group Counseling, Reality
Therapy
ABSTRAK
Kiki Mariah. 2016. “Efektivitas Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Pendekatan Konseling Realitas dalam Mengembangkan Penyesuaian
Diri Siswa di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas X SMAN 1 Sungai Tarab”. Tesis. Program
Studi S2 Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Padang.
Penyesuaian diri siswa di lingkugan sekolah merupakan suatu proses yang mencakup
respon mental dan perubahan tingkah laku dimana siswa berusaha untuk dapat
berhasil mengatasi kebutuhan dalam dirinya, ketegangan-ketegangan, konflik dan
frustasi yang dialaminya, sehingga terwujud tingkat keselarasan atau harmonis
antara tuntutan dari dalam diri dengan apa yang diharapkan oleh lingkungan
sekolah. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk membantu mengembangkan
penyesuaian diri siswa adalah konseling realitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
gambaran kondisi rata-rata skor penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah sebelum
dan setelah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan konseling
realitas; dan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan konseling
realitas untuk mengembangkan penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen, menggunakan the one group pre-test post-test design. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan
teknik non-random sampling dengan
metode purposive sampling. Subjek penelitian ini berjumlah dua belas orang dengan kategori penyesuaian diri
kurang baik dan baik. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Sungai Tarab, selama enam kali pertemuan. Instrumen yang digunakan skala
penyesuaian diri model skala Likert.
Data dianalisis menggunakan teknik statistik non-parametrik dengan menggunakan Wilcoxon
Signed Ranks Test dengan bantuan SPSS versi 20.00.
Temuan
penelitian memperlihatkan bahwa secara umum layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan konseling realitas efektif dalam mengembangkan penyesuaian diri
siswa di lingkungan sekolah, sedangkan secara khusus penelitian ini memaparkan
tentang: terdapat perbedaan rata-rata skor penyesuaian
diri siswa sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan
pendekatan konseling realitas. Berdasarkan hasil
penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah dapat
dikembangkan melalui layanan
bimbingan kelompok dengan pendekatan konseling realitas.
Kata Kunci: Penyesuaian
Diri, Bimbingan Kelompok, Konseling
Realitas