Monday 4 December 2017

Unknown

Kontribusi Kelekatan pada Orangtua dan Konsep Diri terhadap Perilaku Bullying serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling


Kontribusi Kelekatan pada Orangtua dan Konsep Diri terhadap Perilaku Bullying serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling


ABSTRACT
Suci Lia Sari. 2015. The Contributions of the Attachment to the Parent and Self-Concept towards Bullying Behavior and Their Implication in Guidance Counseling. Thesis. Universitas Negeri Padang.
There were a lot of phisical violence committed by school students both within school and outside of school. The perpetrator could be a friend or seniors. Bullying behavior was affected by external and internal factors. The external factor was the attachment to the parents and the internal factor was self-concept. The purpose of this research was to reveal the extent to which the attachment to the parents and self-concept contributed toward bullying behavior.
This research used quantitative approach and correlation method. The population of the research was the students in claas X and XI. The sample was chosen by using proportional random sampling technique. The instrument of the research was a scala of Likert model. The reliability of the instrument of the attachment to mother was 0.879, the attachment to father was 0.916, self-concept was 0.873, and bullying behavior was 0.899. the data gathered were analized by using multiple regression.
The research findings indicated that: 1) the attachment to the parent in general was in average category, and the attachment to mother was higher than the closenness to father, 2) self-concept in general, was in average category in which physical and social aspects got the highest percentage, 3) bullying behavior in genaral was in average category in which verbal and relational bullying got the highest percentage, 4) the attachment to the parents contributed negatively and significantly toward bullying behavior, 5) self-concept contributed negatively and significantly toward bullying behavior, and 6) the attachment to the the parents and self-concept simultaneously contributed negatively and significantly toward bullying behavior.
Related to the results of the research, it was suggested to: 1) the students to make use of Guidance and Counseling service to build positive behavior, 2) the Guidance and Counseling teachers to work cooperatively with school fellows and parents to prevent and reduce bullying behavior, and 3) the headmasters to facilitate Guidance and Counseling teachers to work cooperatively with parents and other school fellows so that bullying behaviors could be prevented and reduced.  
Key Terms: The Attachment to the Parent, Self-Concept, and Bullying Behavior.



ABSTRAK

Suci Lia Sari. 2015. Kontribusi Kelekatan pada Orangtua dan Konsep Diri terhadap Perilaku Bullying serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Tesis. Universitas Negeri Padang.

Banyak terjadi tindakan kekerasan baik secara fisik, verbal, dan mental yang dilakukan oleh siswa SMA di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Pelaku bisa saja dari teman dan kakak kelas. Perilaku bullying dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal ada kelekatan pada orangtua dan faktor internal ada konsep diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kontribusi kelekatan pada orangtua dan konsep diri terhadap perilaku bullying.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI, teknik penarikan sampel menggunakan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala dengan model skala Likert. Hasil uji reliabilitas instrumen kelekatan pada ibu sebesar 0.879, kelekatan pada ayah sebesar 0.916, konsep diri sebesar 0.873, dan perilaku bullying sebesar 0.899. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi ganda.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: 1) kelekatan pada orangtua siswa secara umum berada pada kategori sedang, dan kelekatan pada ibu lebih tinggi dibandingkan kelekatan pada ayah, 2) konsep diri siswa secara umum berada pada kategori sedang persentase yang paling tinggi pada aspek fisik dan sosial, 3) perilaku bullying siswa secara umum berada pada kategori sedang Persentase yang paling tinggi pada bentuk bullying secara verbal dan relasional, 4) kelekatan pada orangtua berkontribusi negatif dan signifikan terhadap perilaku bullying, 5) konsep diri berkontribusi negatif dan signifikan terhadap perilaku bullying, dan 6) kelekatan pada orangtua dan konsep diri secara bersama-sama berkontribusi negatif dan signifikan terhadap perilaku bullying.
Berkaitan dengan hasil penelitian ini penulis dapat mengajukan saran: 1) siswa dapat memanfaatkan layanan BK untuk menbentuk perilaku yang positif, 2) guru BK hendaknya menjalin kerjasama dengan personil sekolah dan orangtua peserta didik dalam mencegah dan mengurangi perilaku bullying, dan 3) kepala sekolah hendaknya dapat membantu Guru BK dalam menjalin kerjasama dengan orangtua dan pihak sekolah lainnya, sehingga dapat mencegah dan mengurangi perilaku bullying.


Kata Kunci: Kelekatan pada Orangtua, Konsep Diri, dan Perilaku Bullying

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :