ABSTRAK
Rezki Hariko.
2012. “Hubungan Persepsi Siswa tentang Kepribadian Konselor dan Motivasi Siswa Mengikuti
Konseling Perorangan di SMA Adabiah Padang”. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.
Pelayanan Bimbingan dan Konseling di sekolah memiliki peran penting
dalam pengembangan diri dan pengentasan permasalahan siswa. Salah satu jenis
layanan yang dapat dilaksanakan Konselor di sekolah adalah layanan konseling
perorangan. Keberhasilan pelaksanaan
konseling perorangan di sekolah dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang
berasal dari kualitas Konselor. Siswa yang akan memanfaatkan konseling
perorangan cenderung terlebih dahulu mempersepsi tentang kualitas kepribadian
dan keterampilan Konselor. Motivasi siswa untuk mengikuti konseling perorangan
secara sukarela dan terbuka dapat dipengaruhi oleh persepsinya tentang
Konselor. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa
tentang kepribadian Konselor dan motivasi siswa mengikuti konseling perorangan.
Penelitian juga berupaya untuk menguji hubungan persepsi siswa tentang
kepribadian Konselor dan motivasi siswa mengikuti konseling perorangan.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif
korelasional. Penelitian dilakukan terhadap siswa SMA Adabiah Padang Tahun
Pelajaran 2011/2012 dengan populasi sebanyak 1491 siswa. Jumlah sampel
penelitian sebanyak 316 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan teknik simple random
sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan
model skala Likert. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan untuk menguji
hubungan antara kedua variabel digunakan statistik parametrik yaitu Pearson Correlation.
Penelitian menjelaskan bahwa: (1) tingkat capaian responden mengenai
persepsi siswa tentang kepribadian Konselor sebesar 73.6%, (2) tingkat capaian
responden mengenai motivasi siswa mengikuti konseling perorangan sebesar 70.7%,
dan (3) koefisien korelasi persepsi siswa tentang kepribadian Konselor dan
motivasi siswa mengikuti konseling perorangan sebesar 0.547. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa secara umum persepsi siswa tentang kepribadian Konselor
sedang, motivasi siswa mengikuti konseling perorangan sedang dan terdapat
hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi siswa tentang kepribadian
Konselor dan motivasi siswa mengikuti konseling perorangan.
Kata Kunci: Persepsi, Kepribadian, Motivasi.
ABSTRACT
Rezki Hariko.
2012. “The Correlation of Students’ Perception about The Counselor Personalities
and Students’ Motivation to Counseling at SMA Adabiah Padang”. Thesis. Program Pascasarjana Universitas
Negeri Padang.
The implementation of the Guidance and Counseling at the school is
not running optimally. The students are reluctant to utilize various available services of aid because they have bad
perception to the personalities of the Counselor. One of
the main services of aid that is held in the form of individual, individual counseling,
do not run well. Students are not motivated
to take the advantage of individual
counseling services within the framework of self-development and problem
solving. In general, the purpose of this research is to
describe students’ perception about personalities of counselor and students’
motivation to be active in the counseling. This research also determines the correlation
between students’ perception about personalities of the counselor and students’
motivation to be active in the counseling.
This research use quantitative approach by descriptive method. The research
conducted to the students of SMA Adabiah Padang in the period of 2011/2012 with
the total of the population was 1491 students. Amount of research sample was
316 students and had been chosen by using simple random sampling technique. The
instrument that had been used is close questionnaire by Likert Scale model. The
research data have been analyzed by using percentage technique and in order to
determine of correlation between both of variables had been used statistics
parametric that is Pearson Correlation.
The research findings explained that: (1) respondent performance
about the students’ perception to the personalities of counselor is 73.6%, (2) respondent
performance about students’ motivation to be active on the counseling is 70.7%
and (3) coefficient of correlation between the students’ perception to
personalities of counselor and students’ motivation to be active in the
counseling is 0.547. Thereby, it can be concluded that students’ perception about personality of counselor
is in the middle and there is significant and positive correlation between the students‘s
perception about personalities of counselor and students’ motivation to be active
in the counseling.