Monday 4 December 2017

Unknown

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk Mengatasi Kecemasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang)


Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive 
Behavior Therapy untuk Mengatasi Kecemasan Mahasiswa
 (Studi Pada Mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang)


ABSTRACT
Hayu Stevani. 2015. "The Effectiveness of Group Guidance Service with Rational Emotive Behavior Therapy Approach to Overcome Students’ Anxiety (A Study Conducted to the Student of IAIN Imam Bonjol Padang)". Thesis. Graduate Program of Padang State University.

Avoidance behavior and fear are often felt when individuals feel anxiety, it is also experienced when going to speak in public. Students in the lecture are expected to develop their potential, but in reality anxiety when speaking in public will be able to inhibit their potential. Speculating that other people do not like them when speaking, feeling the heart beat very fast, and put out a lot of sweat are aspects of fear of something that has not happened, thus affecting the minds of individuals to take a stand, it is influenced by beliefs gained from the individual’s experiences. Beliefs that cause avoidance behavior comes from the irrational thinking, REBT looks anxiety as the effect of individual’s irrational thinking, so the individual behaves like avoiding the situation. Group guidance services has a goal to train members of the group to speak in public and to share ideas with other members. The aims of this study were to determine: (1) the condition of student anxiety before and after the treatment and (2) the effectiveness of group guidance services with REBT approach to overcome or reduce students’ anxiety.
 This research used quantitative method. The type of this research was a pre-experimental research which used the one group pretest posttest design. The subject was chosen by using purposive sampling method. The subject of the research was seven students with high level of anxiety, medium level of anxiety and low level of anxiety. This research was conducted at IAIN Imam Bonjol Padang. The instrument used was the anxiety scale with Likert scale model. The data gathered were analyzed by using non-parametrik statistic technique with Wilcoxon Signed Rank Test and assisted with SPSS version 20.00.
The result of this research showed that pretest score was 136,1 and posttest score was 111,5. Futhermore, the result of hypothesis test indicated that the score of Asymp. Sig (2-tailed) was 0,005 which was below alpha 0,05 (0,005<0,05). Hence, Ho was rejected and Ha was accepted. Based on these results, it can be concluded that the group guidance service assignment topics with REBT approach which was applied by using ABCDE model and homework assigment technique was effective to overcome the students’ anxiety to speak in public.
Keywords: Group Guidance, REBT, Anxiety.





 
 


ABSTRAK
Hayu Stevani. 2016. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk Mengatasi Kecemasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang)”. Tesis. Universitas Negeri Padang.

Perilaku menghindar dan perasaan takut sering dirasakan apabila individu merasakan kecemasan, hal ini juga dialami ketika akan berbicara di depan umum. Mahasiswa dalam proses perkuliahan diharapkan agar mengembangkan potensinya, namun pada kenyataannya kecemasan ketika akan berbicara di depan umum dapat menghambat potensinya. Pemikiran bahwa orang lain tidak menyukainya ketika berbicara, merasakan detak jantung sangat cepat, dan mengeluarkan banyak keringat merupakan aspek dari perasaan takut terhadap sesuatu yang belum terjadi, sehingga mempengaruhi pikiran individu untuk mengambil sikap, hal ini dipengaruhi oleh keyakinan yang diperoleh dari pengalaman individu. Keyakinan yang menyebabkan perilaku menghindar berasal dari pemikiran yang irasional, REBT memandang kecemasan disebabkan pemikiran irasional individu, sehingga berperilaku yang menghindari keadaan. Layanan bimbingan kelompok memiliki tujuan melatih anggota kelompok untuk berbicara di depan umum dan bertukar pikiran dengan anggota yang lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) kondisi kecemasan mahasiswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan dan (2) efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan REBT untuk mengatasi atau mengurangi kecemasan mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen, menggunakan the one group pretest posttest design. Pemilihan subjek menggunakan metode purposive sampling. Jumlah subjek penelitian sepuluh orang dengan kategori kecemasan tinggi, moderat (sedang) dan rendah. Penelitian ini dilaksanakan di IAIN Imam Bonjol Padang. Instrumen yang digunakan yaitu skala kecemasan dengan model skala Likert. Data dianalisis menggunakan teknik statistik nonparametrik yang menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan SPSS versi 20.00.
       Hasil penelitian memperlihatkan bahwa skor pretest 136,1 dan posttest 111,5. Selanjutnya untuk uji hipotesis diperoleh hasil Asymp. Sig.(2-tailed) 0,005 yang berarti di bawah alpha 0,05 (0,005<0,05) dengan demikian dapat diartikan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok topik tugas dengan pendekatan REBT menggunakan model ABCDE dan teknik homework assignment efektif untuk mengatasi kecemasan mahasiswa berbicara di depan umum.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, REBT, Kecemasan

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :