Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan Perilaku Seksual Pranikah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)
ABSTRACT
Riem Malini Pane. 2014. “Developing Guidance and Counseling Module
for Preventing the Senior High School Student from Premarital
Sexual Behavior”. Thesis. Graduate Program Faculty of Education of Padang State
University.
Prevention
of premarital sexual behavior is very important for teenagers because it is
inclined to increase. The Guidance and Counseling Teacher/Counselors should
give information to the students about premarital sexual behavior, one of the
efforts that can be done was by applyng interesting learning media such as
module. The
aims of the research were: (1) producing prevention module of premarital sexual
behavior on Senior High School students who were proper according to the
experts in order to be used by Counselors, (2) describing the function of the
module to prevent the students from premarital sexual behavior.
This
research was a development research which was conducted by using ADDIE model
(Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Research
subjects consisted of three experts and twenty three Counselors. The result of
the research shown that the research product: (1) appropriate to be used to
prevent the students from premarital sexual behavior, (2) can be used by the
students as well as the Counselors in preventing the students from premarital
sexual behavior, and to observe its effectiveness, it is necessary to conduct
the try out in advanced research.
Keywords: Module, Guidance and
Counseling, Sexual Behavior, Premarital.
ABSTRAK
Riem
Malini Pane. 2014. “Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan
Perilaku Seksual Pranikah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)”. Tesis.
Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Pencegahan
perilaku seksual pranikah sangat penting untuk kehidupan remaja karena perilaku
seksual pranikah cenderung meningkat. Peran guru BK/Konselor untuk meningkatkan
pemahaman siswa tentang perilaku seksual pranikah, salah satunya dengan
menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti modul. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1)
menghasilkan modul pencegahan perilaku seksual pranikah siswa SMA yang layak
menurut ahli untuk digunakan oleh guru BK/Konselor, (2) mendeskripsikan tingkat keterpakaian rumusan modul bimbingan
dan konseling untuk pencegahan perilaku seksual
pranikah siswa SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) yang dilakukan
dengan mempedomani model ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba penelitian adalah tiga ahli
dan dua puluh tiga guru BK/Konselor. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa produk penelitian: (1) dinilai layak untuk
dimanfaatkan dalam pencegahan perilaku seksual pranikah, (2) dinilai dapat dipakai oleh siswa dan dapat
dimanfaatkan oleh guru BK/Konselor untuk membantu siswa tercegah dari perilaku
seksual pranikah, untuk melihat
keefektifannya perlu dilakukan uji coba dalam penelitian lanjutan.