Monday 4 December 2017

Unknown

Motivasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah yang Berasal dari SMP Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Bahasa Arab dan Implikasinya Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi pada Siswa MAN 1 Sungai Penuh)



Motivasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah yang Berasal dari SMP Dalam Mengikuti Mata Pelajaran  Bahasa Arab dan Implikasinya Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi pada Siswa MAN 1 Sungai Penuh)


ABSRTACT

Yasrial Chandra, 2014. Learning Motivation on Madrasah Aliyah Student who Derived From SMP in Learning Arabic and the Implication on guidance Counseling Service (The Study on Student of MAN 1 Sungai Penuh)

Arabic language is the basic of all the religious subjects in Madrasah Aliyah. The student derived from senior high school, Arabic is the new subject in which they did not learn in SMP, and it is possibly emerged the difficulty from them. This study describes the students' learning motivation who derived from SMP in learning Arabic on the terms of  perseverance on learning Arabic, the needs on learning Arabic, the expected of learning Arabic, and interested on learning arabic.
This research was a descriptive research  by using quantitative approach. The population of this research was the Eleventh grade student of MAN 1 Sungai Penuh who derived from SMP in 2014/2015 academic years. The sample of this research was 124 student that had been choosen by proportional random sampling technique. The instrument used the model of likert scale. Then analized by using statistic technique.
The finding of the research shown that: 1) The level of students motivation derived from SMP on learning Arabic were the average rating, (a) On the subvariable of perseverance on learning Arabic was on the low criterion, (b) the subvariable of needs on learning Arabic was on the average criterion, (c) the subvariable expected on learning Arabic was on the low criterion (d) subvariable of interest on learning Arabic was on the low criterion. 2) The counseling services could be given to improve the student motivation on learning Arabic who derived from SPM which based on the result of this research were; oriented service, information service, the individual consult service, the group guiding service and the group consulting service.

Keywords: Learning motivation, The Arabic subject, Student of Madrasah Aliyah derived from SMP.   



  





ABSTRAK
Yasrial Chandra, 2014. Motivasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah yang Berasal dari SMP Dalam Mengikuti Mata Pelajaran  Bahasa Arab dan Implikasinya Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi pada Siswa MAN 1 Sungai Penuh)
Di Madrasah Aliyah terdapat mata pelajaran bahasa Arab yang merupakan dasar dari semua mata pelajaran khusus keagamaan. Bagi siswa yang berasal dari SMP mata pelajaran bahasa Arab  menjadi mata pelajaran yang baru yang tidak mereka pelajari di SMP, dan hal ini memungkinkan timbulnya permasalahan belajar bagi siswa yang berasal dari SMP. Dalam penelitian ini dilihat bagaimana motivasi belajar siswa yang berasal dari SMP dalam mengikuti mata pelajaran bahasa Arab yang ditinjau dari ketekunan dalam belajar bahasa Arab, kebutuhan dalam belajar  bahasa Arab, harapan dalam belajar  bahasa Arab dan ketertarikan belajar bahasa Arab
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN 1 Sungai Penuh yang berasal dari SMP tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah sampel 124 siswa yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan yakni Skala Model Likert yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik sederhana (teknik persentase).
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat motivasi belajar siswa MA yang berasal dari SMP secara umum berada pada kategori sedang, (a) Pada sub variabel ketekunan dalam belajar bahasa Arab berada pada kategori rendah, (b) Pada sub variabel kebutuhan dalam belajar bahasa Arab berada pada kategori sedang, (c) Pada sub variabel harapan dalam belajar bahasa Arab berada pada kategori rendah, dan (d) Pada sub variabel ketertarikan belajar bahasa Arab berada pada kategori rendah, 2) Layanan-layanan yang dapat diberikan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa MA yang dari SMP berdasarkan hasil penelitian yaitu: layanan orientasi, layanan informasi, layanan konseling individu, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelomok.

Kata Kunci: Motivasi belajar, Mata pelajaran bahasa Arab, siswa MA yang berasal dari SMP

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :